Selasa, 06 November 2018

ASALKU


Saya merupakan orang asli pasuruan. Pasuruan merupakan salah kota besar yang berada di provinsi Jawa Timur. Kota ini terlatak 60 km sebelah tenggara kota Surabaya dan 355 km sebalah barat laut kota Denpasar Bali. Seluruh wilayah kota ini berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan. Kota pasuruan memiliki berbagai macam keunikan melalui bidang seni, budaya, dan makanan. Dari bidang budaya yaitu sangat menonjolkan budaya islaminya,maka dari itu kota Pasuruan ini dikenal sebagai kota santri.
Sebagai sebuah kota yang dikenal dengan sebutan Kota Santri, seni budaya yang ada di kota ini banyak diwarnai oleh budaya islami. Didaerah pasuruan terdapat banyak lembaga pendidikan islam yang bernama pondok pesantren. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang setara dengan SD sampai dengan SMA. Kalangan para santri berasal dari pasuruan dan juga dari kalangan luar jawa. Ini dikarenakan kualitas pendidikannya tergolong tinggi.

Pasuruan juga mempunyai berbagai macam tarian tradisional seperti salah satunya yaitu tari terbang bandung. Tari terbang Bandung merupakan drama tari tradisional khas rakyat Pasuruan yang merupakan perkembangan dari seni hadrah. Tari Terbang Bandung ini semacam opera yang menggabungkan antara drama dan musik. Selain itu, pasuruan juga memiliki ciri khas makanan yaitu bipang jangkar, roti matahari, permen jahe,dan ikan lempuk.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar